RSS

Cara Baru Turunkan Polusi Udara

16 Aug

polusi udara yang sangat membagayakanLebih dari 80 persen orang Amerika dan lebih dari setengah populasi penduduk dunia saat ini tinggal di perkotaan. Pada tahun 2050, lebih dari 70 persen dari populasi global diperkirakan akan tinggal kota.

Kurang dari empat dekade kemudian, jika ingin memiliki harapan untuk menghindari bencana perubahan iklim, peradaban manusia memerlukan karbon netral.

Untuk itu, menurut Brad Johnson, peneliti dari Center for American Progress Action Fund, mencari tahu bagaimana menghilangkan polusi rumah kaca dari kota-kota adalah komponen penting dari tantangan tersebut.

Seperti dikutip dari Grist, 11 Agustus 2011, Johnson menyebutkan, kota Seattle di Amerika Serikat merupakan pemimpin global dalam memerangi perubahan iklim.

Pemerintah setempat telah menugaskan Stockholm Environment Institute, Cascadia Consulting Group, dan ICF Internasional untuk mengembangkan skenario bagaimana kota itu dapat mencapai netralitas karbon pada tahun 2050. Hasilnya:

Peralihan metode transportasi menjadi berjalan, bersepeda, atau berbagi tumpangan kendaraan dapat menghasilkan penurunan 30 persen perjalanan kendaraan ringan pada tahun 2030 dan 50 persen pengurangan tahun 2050, dibandingkan dengan tahun 2008.

Meningkatkan efisiensi energi dalam desain bangunan dan operasi serta efisiensi kendaraan secara dramatis akan menghasilkan penghematan energi lebih dari 30 persen dan lebih dari 50 persen di tahun 2050 dibanding tahun 2008.

Transisikan rumah-rumah, bisnis, dan kendaraan ke sumber energi karbon: listrik (atau mungkin hidrogen) dalam jangka panjang, biofuel sebagai strategi menjembatani transportasi sampai kendaraan listrik mendominasi, dan penggunaan sumber-sumber biomassa berkelanjutan.

Satu masalah dengan model-model ekonomi yang digunakan adalah, dalam skenario “bisnis seperti biasa” – di mana tidak ada pengurangan emisi gas rumah kaca – pendapatan per kapita tumbuh 250 persen pada tahun 2050. Itu merupakan hasil yang absurd di dunia yang tercemar, di mana lingkungan akan hancur dan perang dunia akan menjadi salah satu ancaman. (eh)

VIVAnews.com

 
Leave a comment

Posted by on August 16, 2011 in METEOROLOGI

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: