RSS

Berhati-hatilah di usia 27 tahun

17 Aug

Peneliti mendapati mental manusia mencapai puncak pada usia 22 tahun sebelum melemah lima tahun kemudian. Terapi yang didesain untuk mencegah penuaan perlu diberikan sedari awal, bukan setelah memasuki masa pensiun.

“Hasilnya beberapa aspek penurunan kognitif dimulai di usia 20 hingga 30 tahun pada orang yang sehat dan berpendidikan tinggi,” kata Profesor Timothy Salthouse.

Penelitian itu dilakukan pada 2.000 laki-laki dan perempuan selama tujuh tahun. Responden berusia 18 hingga 60 diminta untuk memecahkan teka-teki visual, mengingat kata dan mengamati pola pada tulisan dan simbol.

Tes serupa sering digunakan untuk mendiagnosa kekurangan mental termasuk dementia.

Penelitian oleh Universitas Virginia mendapati sembilan dari 12 tes dari rata-rata mengalami performa tertinggi di saat umur 22 tahun.

Usia pertama mengalami penurunan performa adalah pada 27 tahun untuk tiga tes menyangkut kemampuan memahami, kecepatan berfikir dan pengamatan visual. Ingatan menunjukkan penurunan pada rata-rata usia 37 tahun. Tes lain menunjukkan paling buruk pada usia 42 tahun.

Namun dalam penelitian yang dipublikasikan di journal Neurobiology Of Ageing, mendapati kemampuan kosa kata atau informasi umum terus naik hingga usia 60 tahun.

Umur 27 tahun sudah lama memiliki konotasi negatif. Di umur itu banyak musisi mati, semacam Jimi Hendrix, Jim Morrison, Brian Jones, Janis Joplin dan Kurt Cobain.

sumber: http://lintasberitaonline.blogspot.com

 
Leave a comment

Posted by on August 17, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: