RSS
Aside
18 Oct

Gambar

profesi di bidang kesehatan itu seperti Dokter, Bidan, Perawat sepertinya tidak asing lagi ditelinga kita.  Ciri khasnya berseragam warna putih, Dokter mengobati penyakit, Bidan membantu proses kelahiran, dan perawat yang merawat orang sakit. Mereka bekerja dirumah sakit atau buka praktek sendiri (Dokter dan Bidan). Yang terpopulernya ya dokter, begitu banyak orang yang bercita-cita menjadi dokter, Profesi yang sangat menjanjikan kesuksesan,kekayaan, dan pamor yang tinggi dimasyarakat. namun untuk kuliah di kedokteran pasti berhubungan dengan yang namanya biaya, yang pasti biaya nya mahal. biasanya orang-orang yang berminat kerja di kesahatan, kalo tidak mampu masuk kedoktran, kebanyakan orang memilih kuliah di keperawatan atau bidan.

namun,saat ini Jumlah Dokter, Bidan,dan Perawat sekarang sudah banyak jadi untuk mendapat posisi di rumah sakit atau yang buka praktek harus bersaing sama yang satu profesi. Jika ketiga profesi ini masih tetap tinggi peminatnya untuk beberapa tahun yang akan datang persaingan didunia kerja akan makin ketat lagi. Gak selamanya jadi lulusan sekolah kesehatan akan memperoleh pekerjaan dengan mudah.

Disini saya ingin ngenalin satu profesi masih dalam dunia kesehatan yang lapang kerjanya masih luas dan saingannya belum terlalu banyak. Profesi itu adalah Analis kesehatan. Bukan karena mahasiswa analis kesehatan sehingga mau bangga-banggain jurusan kuliah sendiri. Hanya ingin berbagi info berdasar fakta dilapangan dan melihat dari para senior yang gak perlu nunggu waktu lama setelah lulus tuk dapat pekerjaan, bahkan mudah untuk jadi PNS asalkan kita bersedia di tempatkan di pulau sebrang.

Analis itu kesehatan bertugas yang melakukan pemeriksaan-pemeriksaan di laboratorium kesehatan baik untuk menunjang diagnosis dokter, mengetahui perkembangan penyakit, mengetahui obat yang paing baik untuk penyakit atau tujuan lain.

Analis kesehatan bisa bekerja di semua laboratorium yang berhubungan dengan kesehatan seperti di lab Patologi anatomi, lab patologi klinik,lab forensic, lab mikrobiologi, lab imunologi, lab kimia kesehatan, dll. Baik itu dirumah sakit, laboratorium kesehatan milik pemerintah, lab-lab klinik swasta, BPOM, laboratorium perusahan makanan/minuman, dan instansi-instansi lain yang ada laboratorium kesehatanya. Semakin maju ilmu pengetahuan dan teknologi, kualitas layanan kesehatan semakin meningkat. Dengan adanya laboratorium diagnosis yang diberikan dokter akan lebih akurat tidak hanya sebatas dilihat dari gejala klinis, perkembangan penyakit bisa dipantau, pemilihan obat yang untuk suatu penyakit, dan masih banyak lagi kegiatan dilaboratorium yang sangat bermanfaat bagi dunia kesehatan.

Gambar

Sekali dayung banyak pulau terlampaui pribahasa yang cocok buat seorang analis kesehatan coz dapat bekerja di banyak jenis laboratorium tanpa harus menjadi peneliti or ilmuwan tiap di jenis laboratorium tersebut. Hanya menghabiskan waktu kuliah kurang lebih 3 tahun udah bisa kerja dilaboratorium. Mengapa seorang analis kesehatan bisa begitu? karena sudah dibekali keterampilan untuk bekerja di laboratorium-laboratorium tersebut. Tapi kuliahnya lumyan capek karena 60% waktu kuliah dihabiskan untuk praktek dilaboratorium, dari laboratorium satu pindah kelaboratorium yang lain.

Dalam waktu kurang lebih 3 tahun sudah bisa bekerja di laboratorium waktu yang cukup singkat so harus menuntut ilmu lebih banyak lagi. Diploma analis kesehatan bisa melanjutkan D IVAnalis Kesehatan atau strata satu (S1) Teknologi laboratorium Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, farmasi, Biologi,dll .

semoga bermanfaat infonya🙂

-Dwi Rismayani Putri- AK STIKes Bakti Tunas Husada Tasikmalaya

lanjutan info:http://www.kompasiana.com/Unchu

Analis Kesehatan itu profesi yang menjanjikan

 
Leave a comment

Posted by on October 18, 2012 in ANALIST

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: